Mengenang Ray Tomlinson, sang penemu email

Diposting oleh Mustaqim on Minggu, 13 Maret 2016

Ray Tomlinson  2004 (Foto :Wikipedia )
Pemilik nama asli Raymond Samuel Tomlinson ini memang tak setenar Mark Zuckerberg, Bill Gates, atau Steve Jobs . Tapi jasanya tak kalah besar, Ray inilah yang memperkenalkan simbol @ yang menjadi cikal bakal surat elektronik atau email.

Ray lahir di Amsterdam, New York, 23 April 1941. Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di kampus bergengsi Massachusetts Institute of Technology, lalu bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman, sekarang bernama Raytheon BBN Technologies.

Ray Tomlinson, saat bekerja di BBN Technologies, menemukan cara mengirim pesan antara orang satu dengan lainnya di komputer dan server yang berbeda. Program itu bekerja di jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet.

Untuk mengirim pesan antara komputer yang berbeda, ia membutuhkan cara untuk memisahkan nama-nama pengirim dan penerima dari nama-nama mesin mereka. Hanya tanda @ yang masuk akal, tanda tersebut tidak umum digunakan dalam menghitung saat itu, sehingga tidak akan terlalu banyak kebingungan. Simbol tersebut mengubah alamat e-mail menjadi frasa , yang berarti "user 'di' host" Tomlinson menjelaskan. "Ini satu-satunya preposisi pada keyboard."

Penemuan yang dilakukannya di tahun 1971 itu diakui secara luas sebagai awal mula email.

Tomlison yang dikenal rendah hati awalnya tidak mau mempublikasikan temuannya. "Jangan beritahu siapapun, kita tidak seharusnya mengerjakan hal semacam ini," katanya pada salah seorang teman.

Rupanya membuat program tersebut bukan tugasnya, dia hanya merasa idenya itu menarik dan akhirnya diwujudkannya. Ketika ternyata programnya itu bisa bekerja, ia memberitahu rekan rekannya tentang bagaimana menggunakannya.

Pada saat itu, masih sangat sedikit orang memiliki komputer pribadi karena harganya sangat mahal. Dan popularitas email baru berlangsung beberapa tahun setelah Ray menemukannya, sebelum kemudian jadi bagian integral kehidupan modern.

Hari ini, lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia mengetikan tanda @ tersebut setiap hari. Tomlinson mengatakan bahwa kembali pada tahun 1971, ia memiliki beberapa ide tentang dampak penemuannya tersebut. "Apa yang tidak saya bayangkan adalah seberapa cepat dampak itu akan terjadi".

Pada tanggal 5 Maret 2016, Ray Tomlinson meninggal pada usia 74 tahun.

http://inet.detik.com/read/2016/03/07/114119/3158974/398/mengenang-ray-tomlinson-bapak-email-yang-rendah-hati
Ray Tomlinson, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Ray_Tomlinson&oldid=709684425 (last visited Mar. 13, 2016).

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar