Duduk di Atas Meja Ketika Mengajar

Diposting oleh Mustaqim on Kamis, 16 Agustus 2012

Seorang guru dengan ekspresi yang tenang dan pandangan tertuju pada muridnya beranjak dari tempat duduknya. Kemudian, ia berjalan membelakangi mejanya sambil menjelaskan mats pelajaran. Cukup lama ia berdiri di hadapan muridnya sehingga ia terlihat letih dan butuh tempat untuk menopang dirinya. Akan tetapi, ia tidak duduk di tempat duduknya semula atau menyandarkan diri pada tembok, melainkan duduk di atas mejanya.

Tingkah laku seorang guru yang duduk di atas meja ketika mengajar, sebagaimana yang diterangkan dalam contoh tersebut, merupakan tingkah laku yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang guru lantaran itu tidak menggambarkan etika yang baik. Secara tidak langsung, ia telah mengajari muridnya agar duduk di tempat yang bukan tempatnya. Meja, jelaslah bukan tempat duduk.
Salah satu, aturan bagi murid yang lazim diterapkan di sekolah adalah melarang murid duduk di atas meja, apalagi duduk di atas meja gurunya. Murid akan dimarahi oleh guru jika duduk di atas meja. Lebih dari itu, guru akan memberi nasihat bahwa duduk di atas meja tidak beretika. Oleh karena itu, sekolah menerapkan aturan, murid dilarang duduk di atas meja.
Dengan demikian, seorang guru yang duduk di atas meja ketika mengajar telah melanggar etika dan dapat dikatakan tidak menghargai muridnya. Jika guru ingin dihargai oleh muridnya, ia juga harus menghargai muridnya. Bahkan, dianjurkan untuk menghargai murid terlebih dahulu. Kemudian, ia boleh meminta dihargai. Alasannya, murid masih belum tabu tentang itu, dan gurulah yang harus memberikan contoh.
Selain itu, seorang guru yang duduk di atas meja saat mengajar, bila ditinjau dari sudut kemanusiaan, dapat dianggap menyubordinasi murid. Dalam artian, guru di atas, murid di bawah. Padahal, murid juga manusia. Artinya, guru dan murid merupakan manusia, yang keduanya memiliki kedudukan yang sama, tidak lebih rendah maupun tidak lebih tinggi. Contoh mensubordinasi, sebagaimana guru duduk di atas meja, sedangkan murid di bawah, sangat tidak patut diajarkan di sekolah.
Kembali ke penjelasan di awal bahwa seorang guru yang duduk di atas meja ketika mengajar, baik duduk di atas meja guru, apalagi duduk di atas meja murid, dapat disimpulkan sebagai tingkah laku yang tidak baik. Sebab, tindakan itu memberikan contoh untuk menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya dan tidak menghargai sesama manusia.
Dengan kerendahan hatinya, bagaimanapun juga, seorang guru harus menjauhi kesalahan yang berkaitan dengan etika belajar-mengajar tersebut, serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi muridnya.

Artikel terkait :



{ 1 komentar... baca komentar dibawah atau tulis komenter }

Roni Hamsyah mengatakan...

👍

Posting Komentar