Rangkuman Stategi Pembelajaran

Diposting oleh Mustaqim on Jumat, 01 Juli 2011

Sebagai seorang guru yang berasal bukan dari jurusan kependidikan, ternyata banyak sekali hal yang harus dikuasi kaintannya aspek pedagogik, dan hal-hal lain tentang pembelajaran. Setelah googling, dapat artikel makalah bagus tentang strategi pembelajaran. Berikut ini adalah rangkuman strategi pembelajaran :


Pengertian strategi pembelajaran
  • Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan.
  • Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal  (J. R. David, 1976). 
  • Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 
  • Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu. Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran.
  • Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Kemp (1995). 
  • Dick & Carey (1985) menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa. 
Terdapat 3 jenis strategi  yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni:
  1. Strategi pengorganisasian pembelajaran, Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan strategi mengorganisasi isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensintesis fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan. Strategi mikro mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang berkisar pada satu konsep, atau prosedur atau prinsip. Strategi makro berurusan dengan bagaimana memilih, menata urusan, membuat sintesis dan rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan.
  2. Strategi penyampaian pembelajaran. Strategi penyampaian isi pembelajaran merupakan komponen variabel metode untuk melaksanakan proses pembelajaran.  Fungsi strategi penyampaian pembelajaran adalah: (1) menyampaikan isi pembelajaran kepada pebelajar, dan (2) menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan pebelajar untuk menampilkan unjuk kerja.
  3. Strategi pengelolaan pembelajaran. Strategi ini berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian mana yang digunakan selama proses pembelajaran. Paling tidak, ada 3 (tiga) klasifikasi penting variabel strategi pengelolaan, yaitu penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, dan motivasi. 
Istilah dalam Strategi Pembelajaran
Beberapa istilah yang hampir sama dengan strategi  yaitu metode, pendekatan, teknik atau taktik dalam pembelajaran.

Baca lanjutannya ....


    Artikel terkait :



    { 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

    Posting Komentar