Aspek Pribadi Siswa yang Perlu Dipahami Guru

Diposting oleh Mustaqim on Sabtu, 09 Juli 2011

Setiap kegiatan belajar mengajar mempunyai sasaran atau tujuan. Tujuan itu bertahap dan berjenjang, mulai dari yang sangat operasional dan konkret yakni tujuan pembelajaran khusus, tujuan pembelajaran umum, tujuan kurikuler, tujuan nasional, sampai pada tujuan yang bersifat universal. Persepsi guru atau persepsi anak didik mengenai sasaran akhir kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi persepsi mereka terhadap sasaran antara serta sasaran kegiatan. Sasaran itu harus diterjemahkan ke dalam ciri-ciri perilaku kepribadian yang didambakan.

Secara khusus dalam proses belajar mengajar guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, perantara sekolah dengan masyarakat, administrator dan lain-lain. Untuk itu wajar bila guru memahami dengan segenap aspek pribadi siswa / anak didik seperti:

(1) kecerdasan dan bakat khusus,
(2) prestasi sejak permulaan sekolah, 
(3) perkembangan jasmani dan kesehatan, 
(4) kecenderungan emosi dan karakternya,
(5) sikap dan minat belajar,
(6) cita-cita,
(7) kebiasaan belajar dan bekerja,
(8) hobi dan penggunaan waktu senggang,
(9) hubungan sosial di sekolah dan di rumah,
(10) latar belakang keluarga,
(11) lingkungan tempat tinggal, dan
(12) sifat-sifat khusus dan kesulitan belajar anak didik.
Usaha untuk memahami anak didik ini bisa dilakukan melalui evaluasi, selain itu guru mempunyai keharusan melaporkan perkembangan hasil belajar para siswa kepada kepala sekolah, orang tua, serta instansi yang terkait.

Artikel terkait :



{ 1 komentar... baca komentar dibawah atau tulis komenter }

Guru Pantura mengatakan...

Akhir" ini memang lagi senang berkutat dengan teori" poin no.12, perlu kesabaran dan eksplorasi ulang apalagi untuk siswa sekolah dasar,

salam,

Posting Komentar