10 Tip Membuat Password yang Aman

Diposting oleh Mustaqim on Rabu, 18 Mei 2011

Kebanyakan orang memiliki beberapa password untuk account e-mail, online banking, forum diskusi, keanggotaan situs, eBay, PayPal dan sebagainya. Dengan begitu banyak password untuk diingat, mungkin sulit untuk mengingat mereka, dan orang mungkin berpikir lebih mudah untuk hanya menggunakan password yang sama di situs yang berbeda, atau menggunakan password yang mudah diingat seperti tanggal lahir atau Nama anak. Sayangnya, jenis password dapat dengan mudah di-hacked.

Tips berikut akan membantu Anda untuk membuat password yang kuat, dan aman.
Gunakan kata sandi yang kuat. Sandi yang kuat terdiri dari kombinasi enam atau lebih huruf besar dan huruf kecil, ditambah tanda baca dan angka. Menggunakan semua empat jenis karakter karya yang terbaik. Misalnya daripada menggunakan menggunakan welcome akan lebih baik diganti W3Lc0mE^9.
  1. Password harus delapan atau lebih karakter. Lebih panjang password, semakin sulit untuk retak.
  2. Jangan menggunakan password yang sama dua kali. Jika, misalnya, account eBay anda adalah telah di-hack dan password anda diperoleh, hacker akan memiliki akses ke account PayPal Anda jika Anda menggunakan password yang sama.
  3. Jangan gunakan informasi umum untuk password Anda, seperti tanggal lahir, nomor telepon Anda, atau informasi lain yang secara langsung berhubungan dengan Anda.
  4. Password terdiri dari karakter bukan kata-kata yang tepat lebih aman.
  5. Menahan diri dari menuliskan password dan tidak login ke account melalui komputer umum (misalnya, di kafe perpustakaan atau Internet) dan menyimpan rincian sandi dalam browser.
  6. Jangan pernah mengklik link e-mail dan login ke situs aman dari e-mail. Walaupun e-mail tampak sah, selalu ketik URL ke browser sendiri, kemudian login ke account Anda. Ini akan membantu Anda menghindari serangan phishing.
  7. Jangan biarkan aplikasi untuk menyimpan password online Anda, dan jangan lupa untuk menghapus cache browser Anda, history dan password secara rutin.
  8. Jangan lupa untuk mengganti password Anda secara rutin. Account yang lebih penting, makan passwordnya juga lebih sering harus diganti.
  9. Jangan pernah memberitahukan password pada siapapun, khususnya melalui e-mail atau instant messenger. Password harus selalu dijaga kerahasiaannya.
Source : http://www.webopedia.com/DidYouKnow/Internet/2009/hacker_proof_passwords.asp

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar