Mengenali bagian-bagian Motherboard (bagian 2)

Diposting oleh Mustaqim on Selasa, 06 Juli 2010

Chipset

Chipset adalah chip yang menghubungkan mikroprosesor ke seluruh bagian lain yang terpasang pada motherboard. Pada PC, terdapat 2 (dua) chipset- yaitu yang disebut Northbridge dan Southbridge. Semua dari berbagai komponen komputer berkomunikasi dengan CPU melalui chipset.

Northbridge adalah chipset yang terhubung langsung ke prosesor melalui Front Side Bus(FSB). Sebuah pengendali memori (memory controller) yang memberikan akses cepat CPU/processor ke memori terletak pada Northbridge. Northbridge juga terhubung ke bus AGP, PCI Express dan ke memori itu sendiri.

Southbridge lebih lambat dari Northbridge, dan informasi dari CPU harus melewati Northbridge sebelum mencapai southbridge itu. Bus lain yang terhubung ke Southbridge adalah bus PCI, port USB dan hard disk (IDE/SATA).

Photo HowStuffWorks.com
Chipset northbridge and southbridge

Pemilihan Chipset dan pemilihan processor berjalan beriringan, karena produsen mengoptimalkan chipset untuk bekerja dengan processor tertentu. Chipset adalah bagian terintegrasi dari motherboard, sehingga tidak dapat dihilangkan atau ditingkatkan (di-upgrade). Yang berarti tidak hanya motherboardnya yang cocok dengan CPU/processor, tapi chipset yang digunakan juga cocok/sesuai dengan CPU/processornya.

Kecepatan Bus

Sebuah bus adalah sebuah saluran yang menghubungkan satu bagian dari motherboard ke bagian lain. Kecepatan bus, diukur dalam megahertz (MHz atau GHz), mengacu pada berapa banyak data yang dapat bergerak di seluruh bus secara bersamaan.

Bus kecepatan biasanya mengacu pada kecepatan Front Side Bus (FSB), yang menghubungkan CPU ke Northbridge tersebut. Kecepatan FSB dapat berkisar dari 66 MHz ke lebih dari 3 GHz. Karena CPU mengakses controller memori melalui Northbridge, kecepatan FSB secara signifikan mempengaruhi kecepatan dan kinerja komputer.


Berikut ini adalah beberapa bus lain yang terdapat pada motherboard :
  • Back side bus yang menghubungkan prosesor dengan memori cache level 2 (L2 cache)
  • Bus Memori yang menghubungkan chipset northbridge dengan memori.
  • Bus IDE/ATA yang menghubungakan chipset southbridge dengan disk drive.
  • Bus AGP yang menghubungkan kartu VGA dengan memori dan prosesor
  • Bus PCI yang menguhungkan slot PCI dengan chipset southbridge. Pada kebanyakan sistem, kecepatan bus PCI adalah 33 MHz. Juga kompatibel dengan PCI adalah PCI Express, yang jauh lebih cepat daripada PCI. PCI Express kemungkinan akan menggantikan bus PCI dan bus AGP.


Memori

Kita telah mengetahui bahwa kecepatan prosesor menentukan seberapa cepat komputer berpikir. Kecepatan chipset dan bus menentukan seberapa cepat itu dapat berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari komputer. Kecepatan koneksi memori/RAM langsung menentukan seberapa cepat komputer dapat mengakses instruksi dan data, dan karenanya memori memiliki pengaruh besar terhadap kinerja sistem. Sebuah prosesor yang cepat dengan RAM lambat adalah percuma.

Jumlah memori yang tersedia juga menentuk berapa banyak data komputer bisa tersedia. RAM membentuk sebagian besar memori komputer. Aturan umum praktis adalah semakin banyak RAM yang komputer miliki, semakin baik.

Sebagian besar memori yang tersedia saat ini adalah dual data rate (DDR) memori. Ini berarti bahwa memori dapat mengirimkan data dua kali per siklus, yang membuat memori lebih cepat. Juga, kebanyakan motherboard (dan motherboard keluaran baru) terdapat beberapa slot chip memori (keping memori), masing-masing slot memori sering terhubung ke Northbridge melalui bus ganda bukan bus tunggal.

Memori DDR 1
Memori DDR 2
Memori DDR 3

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar