Teknik Memblok Situs Negatif

Diposting oleh Mustaqim on Selasa, 09 Februari 2010

Mengapa situs negatif/tidak baik harus diblok?
Setiap orang tua pasti menginginkan anak-nya menjadi orang yang dapat di banggakan oleh orang tua-nya. Semua orang tua pasti akan memproteksi anak-nya dari hal-hal yang dianggap tidak baik bagi si anak. Hal ini merupakan dasar banyak orang tua dalam membangun keluarga, anak bahkan usaha membangun masyarakat yang sehat agar generasi mendatang dapat menjadi lebih baik lagi.
Disisi lain, teknologi informasi dan komunikasi (dan Internet) berkembang sangat cepat. Media dan informasi menjadi bebas dan terbuka dapat diakses oleh siapa saja. Internet merupakan media bebas, informasi dan pengetahuan yang ada sangat beragam. Termasuk di dalamnya informasi yang mengandung, pornografi, kekerasan, judi, penipuan (phising), adware, alkohol, drug, dating, senjata / weapon, SARA dll, lengkap dan sangat mudah untuk di temukan. Tidak tanggung-tanggung, ada lebih dari empat (4) juta situs yang membawa berbagai informasi tidak baik ini di Internet, seperti dilaporkan oleh OpenDNS (http://www.opendns.com)
Sebagai pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan, adalah wajib bagi kita, guru, dan pengelola/administrator TI di sekolah untuk meminimalkan akses ke situs-situs negatif, menjauhkan siswa dari situs-situs negatif, sehingga fasilitas internet di sekolah benar-benar dimanfaatkan semata-mata untuk akses konten pendidikan.

Sisi Teknis
Dari sisi teknis, situs negatif membawa dampak negatif lain antara lain:
  • Menyita banyak bandwidth.
  • Menginfeksi & menyebarkan virus, trojan dan adware ke komputer kita.

Teknik-teknik memblok situs negatif
Ada banyak teknik untuk memblok situs negatif, tapi secara umum dapat dikelompokkan dalam tiga kategori :
  1. Teknik blok pada sisi klien/pengguna
  1. Teknik blok pada server/gateway
    • teknik berbasis proxy. Proxy Squid (+ dansguardian atau squidguard) cukup efektif untuk blok situs negatif.
    • teknik berbasis firewall/router. router mikrotik juga dapat dimanfaatkan untuk blok situs negatif walaupun agak merepotkan karena mikrotik tidak dirancang untuk hal ini. Lebih jelas dapat dibaca disini.
  1. Teknik blok dari ISP
    • teknik berbasis DNS. Cara ini merupakan cara yang paling mudah karena kita tinggal ganti DNS pada setting IP komputer. Sekarang sudah tersedia DNS lokal Indonesia yang khusus untuk menyaring konten-konten dan situs negatif yaitu project Nawala. Ganti saja setting DNS pada komputer anda dengan alamat DNS1 : 180.131.144.144 dan DNS2 : 180.131.145.145
Sehat_Ber-Masyarakat_Cerdas_Ber-Internet
Teknik_Memblok_Situs_Tidak_Baik

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar