Mengubah Blogspot dengan Domain pribadi

Diposting oleh Mustaqim on Selasa, 26 Januari 2010

Bagi netter yang serius dalam blogging, alangkah baiknya jika menggunakan domain milik sendiri (pribadi). Disamping terlihat lebih "keren" juga terlihat lebih mantap/meyakinkan. Keuntungan lain yang kita dapat memanfaatkan google apps standar (free) untuk menghosting mail dengan domain pribadi yang kita miliki. gimana, tertarik? contoh yang akan dipaparkan berikut adalah terbatas untuk blogspot. Untuk layanan blog lain akan lain lagi caranya.

Untuk memasang domain pribadi pada blog kita, langkah-langkahnya :
  1. Membeli nama domain yang kita inginkan. Barangkali ada yang beranggapan nama domain masih mahal, tapi ini relatif dan tergantung jenis domainnya. Harga domain umum seperti .com, .info dan sebagainya rata-rata Rp. 100rb. Untuk domain .id harganya bervariasi tergantung jenis domain second level-nya. Persyaratan untuk mendapatkan domain .id juga berbeda-beda. Yang paling murah dan gampang persyaratannya adalah domain .web.id yaitu hanya Rp 25.000/tahun dan fotokopi identitas penanggung jawab (pembeli). Harga segitu apabila anda membeli langsung dari Pengelola Nama Domain Indonesia - PANDI atau langsung ke http://register.pandi.or.id/
  2. Pengaturan pada server DNS. Setelah kita mendapatkan domain sendiri, selanjutnya anda bisa memanfaatkan layanan DNS gratis, misalnya everydns.net, easydns.com dan lain-lain. Caranya gampang tinggal buat account di (misalnya) everydns.net, lalu gantilah name server (NS) dari domain anda ke ns1.everydns.net dan ns2.everydns.net
    host name serverKemudian login ke account anda di everydns.net, tambahkan domain yang telah dibeli dari pandi yang akan dikelola melalui everydns.net, lalu klik tombol >>Basic.
    Pada daftar domain yang telah ditambahkan, klik salah satu domain tersebut untuk mengatur record dns dari domain tersebut sehingga muncul form berikut :
    membuat CNAME record DNSMasukkan,
    • fully qualified domain name: www
    • record type : CNAME
    • record value : ghs.google.com
    Selanjutnya buat record type "A" untuk naked domain. Record ini diperlukan untuk mengarahkan domainanda.web.id ke www.domainanda.web.id. Jika record ini tidak dibuat, pengunjung yang mengetik url hanya domainanda.web.id (tanpa www) akan mendapati halaman error.
    Ada 4 record "A" yang harus dibuat, caranya sederhana cukup masukkan :
    • fully qualified domain name : domainanda.web.id (tanpa www)
    • record type : A
    • record value : nomor IP
    Masukkan record satu persatu untuk tiap-tiap IP berikut :
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
    Pengaturan DNS selesai, hasil pengaturan ini akan efektif setelah 1 sampai 2 hari, waktu yang dibutuhkan DNS server seluruh dunia untuk melakukan update (istilahnya DNS propagation)

  3. Pengaturan pada blog (blogspot). Untuk mengaitkan blog dengan domain anda, lakukan pada Tab Pengaturan | Publikasikan, Klik Domain Ubah sesuaian (Custom Domain).
    Setting custom domain blogspot
    Kemudian masukkan nama domain yang anda miliki, dan tandai/cek pada mengarahkan domainanda.web.id ke www.domainanda.web.id. Kemudian klik Simpan Setelan (pengaturan).



Selamat mencoba...

Artikel terkait :



{ 2 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Charisse Evanna mengatakan...

Pak, mo tanya. kalo yang gratis-hehe-, yang pake dari co.cc niku pripun carane, Pak?
mohon bantuannya Pak..terima kasih..

Charisa. XI IPA 2.

Mustaqim mengatakan...

Baca ini aja ya....
http://komputerblog.com/2009/02/10/tutorial-membuat-domain-gratis-cocc/

Posting Komentar