Mendengarkan Siaran Radio Online

Diposting oleh Mustaqim on Rabu, 13 Januari 2010

Jaman sudah berubah, dan sekarang jaman digital,jaman internet, jaman online. Hampir semua kegiatan dipublikasikan online. Hampir semua kebutuhan kita tersedia di internet. Menonton tv, membaca koran, belanja, trading, dan lain sebagainya tersedia dan dapat dilakukan via internet.

Perkembangan intenet yang sangat cepat, mengharuskan semua pihak harus menyesuaikan diri. Media cetak maupun elektronik juga sama. Tidak perlu beli, koran bisa dibaca secara online. Media televisi menyiarkan siarannya online melalui websitenya dengan streaming video. Tak terkecuali stasion radio, sekarang siaran radio bisa didengar secara online.

Nah, bagaimana cara menangkap siaran radio online? Yang kita butuhkan adalah :
  • Software multimedia player: Winamp, Windows Media Player, Realplayer dan sebagainya
  • File playlist : file yang berisi alamat server yang menyediakan siaran radio online tersebut
Untuk mendapatkan stasiun radio mana yang bisa didengarkan via internet, tinggal tanya mbah google aja. Salah satu situs yang menyediakan daftar situs radio yang menyediakan siaran digital adalah www.startindonesia.com . Dari situs stasiun radio tersebut, kemudian downloadlah file khusus yang telah disediakan. File tersebut misalnya berekstensi .pls atau .m3u, atau .asx. File dengan ekstensi .pls atau .m3u tersebut diputar dengan Winamp Media Player.

Untuk memainkannya, kompi atau laptop kita harus tersambung internet. Kemudian pada Winamp, buka Options--> Preference , Klik General Preference di sebelah kiri.
Pada Internet connection setting, pilih Always Connected (LAN, DSL, Cable) atau Connected via dial-up (modem). Kemudian klik Close untuk menutup jendela options.

Terakhir kita tinggal tambahkan .pls atau .m3u tersebut kedalam playlist dan Play. Selamat menikmati siaran radio digital.

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar