Jenis Keyboard menurut Tata Letak Tombolnya

Diposting oleh Mustaqim on Senin, 18 Januari 2010

Fungsi utama keyboard adalah untuk bertindak sebagai perangkat input. Menggunakan keyboard, seseorang dapat mengetik sebuah dokumen, sebagai shortcut, mengakses menu, memainkan game dan melakukan berbagai tugas lainnya. Keyboard dapat memiliki kunci yang berbeda tergantung pada pabrik, sistem operasi yang dirancang untuk mereka, dan apakah mereka menempel pada komputer desktop atau bagian dari sebuah laptop.

Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard diantaranya QWERTY, AZERTY, dan DVORAK. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.

Keyboard QWERTY
QWERTY adalah jenis keyboard yang paling banyak dipakai, baik pada komputer/laptop maupun mesin tik. Nama Ini diambildari enam karakter yang pertama terlihat di ujung kiri dari baris utama keyboard huruf yaitu QWERTY. Desain QWERTY didasarkan pada tata letak yang dirancang oleh C. Latham Sholes pada tahun 1874 untuk mesin tik Glidden Sholes dan dijual ke E. Remington and Sons pada tahun yang sama, ketika pertama kali muncul di mesin ketik. Desain ini dirancang untuk meminimalkan bentrokan typebar (lengan karakter didalam mesin tik), dan menjadi populer dengan keberhasilan Remington Nomor 2 pada tahun 1878, dan tetap digunakan pada keyboard elektronik (sampai sekarang) akibat kegagalan keyboard alternatif untuk memberikan keuntungan yang sangat signifikan.

Mesin tik. Jika dua huruf ditekan hampir bersamaan mengakibatkan tabrakan dan macet; tata letak QWERTY dirancang untuk menghindari hal ini.
(Image from wikipedia)


Keyboard AZERTY
AZERTY adalah tata letak keyboard yang digunakan di beberapa (setidaknya sebagian) negara-negara berbahasa Perancis, termasuk Perancis dan Belgia. Bahasa Perancis menggunakan huruf beraksen seperti é, à dan ô, serta beberapa simbol lain seperti œ yang tidak terdapat dalam bahasa Inggris. Sebuah keyboard QWERTY Oleh karena itu tidak mencukupi.

Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (lengkapnya Dvorak Simplified Keyboard) adalah sebuah susunan keyboard dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak, seorang psikolog pendidikan dan profesor pendidikan di University of Washington di Seattle, dan William Dealey.

Susunan keyboard Dvorak. (Image from wikipedia)
Meskipun Keyboard Dvorak telah gagal untuk menggantikan keyboard QWERTY, keyboard dvorak lebih mudah pemakaiannnya di era komputer, dan disertakan dengan semua sistem operasi utama (seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan BSD) disamping tata letak QWERTY standar. Keyboard ini juga didukung oleh beberapa hardware keyboard ergonomis kelas atas.

Susunan Dvorak meletakkan semua tombol vokal di sisi kiri dari keyboard dan konsonan yang paling umum di sebelah kanan. Huruf/karakter yang paling sering digunakan terletak di sepanjang home row . Baris home row adalah barisan tombol di mana Anda menempatkan jari-jari Anda ketika Anda mulai mengetik. Orang-orang yang lebih menyukai tata letak Dvorak mengatakan meningkatnya kecepatan mengetik mereka dan mengurangi kelelahan.


Artikel terkait :



{ 2 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

sadiatur mengatakan...

pa' MasTaQim..........
tolong doooong .........
komputer yg jatahku di beri kabel Ngenet........
thaxssss

Mustaqim mengatakan...

ya sabar... tunggu aja ya ..hehe

Posting Komentar