Social Routing

Diposting oleh Mustaqim on Rabu, 30 Desember 2009

Social Routing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan komunitas atau kelompok individu pengguna Internet yang bebas berbagi koneksi broadband internet. FON adalah contoh sebuah komunitas Wi-Fi yang menggunakan social routing.

FON adalah nama sebuah komunitas pengguna Wi-Fi yang menggunakan social routing, para anggotanya berbagi akses nirkabel dan sebagai imbalannya dapat dengan bebas menggunakan Wi-Fi ketika mereka menemukan akses point (AP) Fonero lain. AP inidisediakan oleh anggota lain. FON adalah adalah pendekatan peer-to-peer dalam Wi-Fi. Untuk menawarkan AP FON, Anda harus menggunakan 54 Mbps wireless router, disebut La Fonera, yang tersedia dari FON.

Mereka yang termasuk dalam komunitas FON disebut "Foneros".Dalam kelompok Foneros ada tiga tingkat keanggotaan:
  1. Linuses : yaitu mereka yang berbagi Wi-Fi dan sebagai imbalannya bisa mendapatkan gratis Wi-Fi ketika menggunakan Access Point (AP) FON .
  2. Aliens : yaitu mereka yang tidak berbagi WiFi mereka sendiri, tetapi membayar biaya untuk menggunakan Access Point Fonero.
  3. Bills : yaitu mereka yang membuat uang dari Wi-Fi. Linuses mendapatkan persentase dari biaya yang yang dibayarkan oleh Aliens untuk menggunakan FON.
Ada beberapa kontroversi tentang FON dan layanan yang terutama muncul di sekitar isu-isu hukum yang terkait dengan Internet Service Provider(ISP). Beberapa pengguna internet yang bertindak sebagai Linuses dapat melanggar syarat-syarat perjanjian dengan ISP mereka yang tidak mengizinkan para pengguna untuk berbagi koneksi Wi-Fi atau mereka menjual kembali bandwidth.

Sumber :

Artikel terkait :



{ 0 komentar... baca komentar dibawah or tulis komentar }

Posting Komentar